Boost Vitalitas Pria dengan Cabai

Cabe
pict by : www.pixabay.com

Beberapa masyarakat sangat berpantang dengan makanan pedas, karena khawatir akan berdampak negatif terhadap kesehatan pencernaan sih. Makanan pedas atau pun super pedas yang biasanya menggunakan cabai atau cabe  dalam jumlah banyak, biasanya menyebabkan munculnya rasa mules hingga berujung pada diare.

Akan tetapi, bagi pencinta makanan pedas, kehadiran cabai baik cabai rawit, cabai merah, maupun cabai hijau justru bisa menaikkan nafsu makan serta menggoyang selera. Wuhuuu :D. Sadar gak sih, di balik rasanya yang pedas, sebetulnya tersimpan seabrek manfaat baik dari cabai untuk kesehatan.

pria sehat
pict by : www.pixabay.com

Hasil Penelitian Fisiologi di University of Grenoble Prancis menyatakan bahwa pria yang menyukai makanan pedas cenderung memiliki kadar hormon testosteron yang lebih tinggi dibanding pria yang lain. Testosteron adalah hormon steroid dari kelompok androgen. Hormon testosteron memiliki beberapa peran penting dalam tubuh pria, salah satunya untuk sistem reproduksi. 

Selain itu, sama halnya dengan estrogen yang memiliki fungsi dalam pembentukan tulang perempuan, testosteron juga memiliki fungsi penting dalam pembentukan kepadatan tulang dan kekuatan otot. Bahkan, hormon ini juga memiliki peran penting dalam kebiasaan tertentu yang dilakukan oleh laki-laki. Hormon testosteron mampu membuat laki-laki lebih berani, agresif, aktif dan perkasa. Pria yang memiliki hormon testosteron yang tinggi cenderung lebih dominan. Wow.


cabe merah
pict by : www.pixabay.com

Lantas, apakah cuma itu saja manfaat cabai bagi kesehatan?. Cabai juga disebut memiliki peran yang cukup penting dalam penurunan kadar kolesterol dalam darah, hal ini dikarenakan cabai mengandung antioksidan yang baik. Antioksidan bekerja dengan cara mengikat kadar kolesterol jahat dalam darah yang selanjutnya dinetralkan sehingga enggak bakal berbahaya untuk tubuh manusia. Cabai juga merangsang sekresi yang dapat membantu melegakan saluran hidung tersumbat. Cabai juga memiliki sifat antibakteri yang dapat secara otomatis menangkal infeksi sinus kronis.

Selanjutnya, Capsaicin dikenal juga mempunyai sifat termogenik yang mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh manusia. Nah, pas banget untuk kamu buat menurunkan berat badan, konsumsi cabai secara rutin akan membantu pembakaran lemak lebih maksimal lagi.


Kandungan capsaicin pada cabai juga mampu melebarkan pembuluh darah manusia, hal ini menyebabkan kamu mudah mengeluarkan keringat. Bersamaan dengan dikeluarkan keringat maka racun yang ada dalam tubuh juga akan ikut dikeluarkan, sehingga tubuh menjadi lebih fit atau prima.

Comments

Popular Posts