11 Jenis-Jenis Bunga Bougenville Yang Harus Kamu Ketahui

Bunga Bougenville adalah jenis tanaman hias yang cukup terkenal dengan nama ilmiah Bougainvillea. Memiliki banyak jenis dan warna bunga, tanaman hias juga digemari karena perawatannya yang cukup mudah. Bunga Bougenville juga akrab dengan nama Bunga Kertas di Indonesia karena kelopaknya yang tipis dan seperti kertas.

Bunga Bougenville

Di alam, tanaman hias Bougenville bisa tumbuh menjadi pohon tinggi dan bisa mencapai tinggi beberapa meter. Namun, sebagai tanaman hias, tanaman ini biasanya hanya tumbuh hingga 1 meter saja. Pilihan lain untuk menjadikan bunga yang dianggap sebagai tanaman pembawa keberuntungan ini sebagai tanaman hias adalah dengan menjadikannya sebagai tanaman bonsai mungil dengan bunga yang sangat rimbun.

Sebelum memutuskan mau dijadikan seperti apa tanaman Bougenville milikmu, ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis bunga Bougenville yang populer dijadikan sebagai tanaman hias berikut.

1. Bunga Bougenville Afterglow

Afterglow

Jenis satu ini menjadi favorit karena bunganya bersemi berulang-ulang kali sepanjang tahun. Hybrid dari bunga Bougainvillea glabra dan Bougainvillea peruviana ini cocok ditanam di halaman rumah, pekarangan, kebun di atap rumah, bahkan sebagai tanaman rambat di dinding. Bunga kertas Afterglow umumnya memiliki warna kelopak bunga jingga, merah, mudah muda, dan juga warna koral.

2. Bunga Bougenville California Gold

California Gold

Jenis bunga yang satu ini memiliki warna kelopak bunga yang bergradasi dari emas ke jingga. Jenis Bougenville satu ini juga memiliki sifat menggugurkan bunganya dengan cepat tak lama setelah bunga-bunganya bermekaran. Salah satu spesies dari genus Bougainvillea ini juga termasuk tipe bunga kertas kuning yang paling digemari.

3. Bunga Bougenville Gold Rush

Gold Rush

Meski sama-sama berwarna keemasan, jenis yang satu ini memiliki kelopak kuning keemasan yang jauh lebih cerah dan mencolok dibandingkan jenis sebelumnya sehingga cocok untuk memberikan warna berbeda pada taman di rumahmu. Dengan bunga ini, dijamin taman depan rumah milikmu bakal lebih ceria!

4. Bunga Bougenville Bambino Baby Allison

Bambino Baby Allison

Untuk kamu pecinta warna pink, jenis Bambino Baby Allison adalah jenis tanaman hias Bougenville yang bisa jadi pilihamu karena kelopak bunganya yang berwarna pink lembut dan cantik. Bunga ini bisa juga kamu jadikan dekorasi di rumah-rumah bergaya shabby chic.

5. Bunga Bougenville Bambino Baby Lauren

Bambino Baby Lauren

Seperti jenis sebelumnya, jenis bunga satu ini memiliki warna yang lembut, hanya saja warnanya lebih keunguan. Kedua jenis Bambino Baby ini umumnya mekar pada akhir musim semi, awal musim panas, dan juga di akhir musim gugur.

6. Bunga Bougenville Baby Victoria

Baby Victoria

Pilihan lain jenis bunga kertas yang mekar sepanjang tahun adalah jenis Baby Victoria. Jenis satu ini memiliki warna magenta dan keungguan yang cantik, cerah, dan juga mencolok. Tanaman satu ini pas ditempatkan di desain taman rumah minimalis.

7. Bunga Bougenville Cherry Blossom

Cherry Blossom

Jenis bunga Bougenville Cherry Blossom memiliki warna kelopak warna merah muda. Terkadang warnanya sangat pudar hingga medekati warna putih. Varietas Jenis bunga satu ini juga termasuk bunga yang terus mekar sepanjang tahun.

8. Bunga Bougenville Coconut Ice

Coconut Ice

Suka taman yang lebih berwarna? Jenis bunga satu ini bisa jadi pilihanmu! Dibanding varietas lainnya, varietas satu ini memiliki jenis kombinasi warna paling banyak dan juga akan selalu mekar sepanjang tahun untuk menghiasi tamanmu, bahkan taman rumah yang kecil sekalipun!

9. Bunga Bougenville Alexandra

Alexandra

Tamanmu akan jauh lebih cerah dan elegan dengan jenis bunga Alexandra karena warnanya yang keunguan dan juga bunganya yang rimbun ketika bermekaran. Perlu diketahui, jenis satu ini memiliki sifat menggugurkan daunnya pada waktu-waktu tertentu.

10. Bunga Bougenville Barbara Karst

Barbara Karst

Merupakan varietas bunga hybrid lain dari bunga Bougainvillea glabra dan Bougainvillea peruviana, jenis Bougenville Barbara Karts memiliki tone warna magenta, merah, hingga warna scarlet. Daun bunga ini bertesktur halus, bunga kertas tipe ini mekar sepanjang tahun.

11. Bunga Bougenville Bambino Majik

Bambino Majik

Jika kamu menginginkan bunga Bougenville dengan warna yang tidak terlalu mencolok, jenis satu ini bisa jadi pilihanmu. Jenis Bambino Majik memiliki kelopak bunga berwarna gradasi dari ungu ke putih dan juga mekar sepanjang tahun. Pas buat kamu yang ingin menambah sentuhan manis pada taman atau teras rumah tanpa terlihat terlalu mencolok.

Comments

  1. Wahhh ternyata bougenville banyak banget jenisnya ya Kak.
    Kalo di deket rumahku, paling sering ketemu yg warna fuschia/pink gt kak.
    Aku baru paham lho ini, makasii sharingnya

    ReplyDelete
  2. Saat tinggal di Jambi, saya tinggal di kompleks perumahan yang menata taman-tamannya dengan aneka bunga bougenvile dengan aneka warna, cantik sekali, halaman-halaman rumah pun banyak yang menanam bunga bougenvile

    ReplyDelete
  3. Cantik banget sih memang ya si bougenville alias bunga kertas ini. Di sekitarku masih ada satu dua jenis dari jenis-jenis yang disebutkan di atas.

    ReplyDelete
  4. Ternyata banyak jenisnya kak, tapi saya pernah punya bunga Bougenville Gold Rush. Jadi ruangan depan rumah lebih cantik..

    ReplyDelete
  5. Yang kutahu dan penah lihat cuma jenis pertama, Kak. Jadi mupeng banget nanam bougenville Alexandra, bagus banget buat di gerbang gitu ya, apalagi kalau punya saung mini, bisa buat kongko dan udaranya adem. Semilir....

    ReplyDelete
  6. Salah satu bunga favoritku ini, Mbak. Karena dulu di sini sentra bonsai bougenville. Tapi, sayang sekarang udah mulai bergeser jualannya jadi beragam. Sekarang hanya tinggal beberapa yang masih bertahan khusus bougenville.

    ReplyDelete
  7. jangankan jenisnya, bougenville baru tau saya begini bentuknya hihi.. jadi bermanfaat banget tulisan ini bagi saya

    ReplyDelete
  8. Ternyata banyak sekali jenis bunga-bunga bougenvile, di dekat rumah saya di kampung halaman, banyak ini bunga bougenvile warna warni, saya malah baru tahu kalau ada jenisnya masing2

    ReplyDelete
  9. wahh baru tau ini kalau bunga bougenville punya 11 jenis.. Di rumah ibu saya klo diliihat ada dua yaitu jenis afterglow sama Bambino Baby Allison.. Saya kira semua bougenville itu sama hanya dibedakan warnanya hehehe.. Makasih informasinya ya

    ReplyDelete
  10. Woh banyak juga ya jenis bunga Bougenville ini. Yang jarang atau malah belum pernah lihat itu yang kuning sama putih. Rata-rata di sini yang berwarna merah, pink

    ReplyDelete
  11. Ternyata bunga bougenville banyak macamnya, cantik-cantik pula. Suka ama yang warna kuning karena jadi cerah kalau dia ada di taman. Aku pun pengen nanem di belakang rumah pasti bagus nih buat taman

    ReplyDelete
  12. Wah aku taunya bunga bougenville yang merah, pink, ungu, baru tahu ada yang kuning. Aku suka banget bunga bougenvile krn kyk bikin suasana lbh meriah gtu apalagi kalau ditanam di halaman depan rumah.

    ReplyDelete
  13. Pernah punya keinginan punya satu rumpun bunga bougenville yang terdiri dari berbagai warna, pasti cantik banget... dan baru tau kalau ternyata jenisnya banyak juga...

    ReplyDelete
  14. Wah, aku kira jenis bunga bougenvile ini hanya skitar 5 jenis aja. Ternyaata lebih dari 10 yah. Apalagi warnanya soft tapi cerah gitu. Jdi bikin tempat yg ada tanaman ini lebih hidup dan berwarna.

    ReplyDelete
  15. MashaAllah~
    Cantikcantik sekali Bunga Bougenville nya yaa.. Dan seandainya kolom komentar bisa kirim foto, ibuku penyuka Bunga Bougenville. Di depan rumah ibuku, bunganya bisa secantik di foto Bunga Bougenville Alexandra itu... Biasanya kalau ada orang lewat depan rumah, suka numpang pepotoan, hhihii...saking bungan Bunga Bougenville yang ditanam Ibu bisa mengkrok cantik dan daunnya sedikit, hanya bunganya yang bermekaran.

    ReplyDelete
  16. Huaa aq baru tahu kalau namanya beda2. Kupikir ya sama aja namanya mung beda warna. Yg california Gold, barbara karst bagus e jadi pingin punya buat taman di rumah

    ReplyDelete
  17. Kayaknya sulit nih bedai antara Bougenville Bambino Baby Allison dan Bougenville Bambino Baby Lauren. Kecuali kalau mereka didekatkan

    ReplyDelete
  18. Bunga bougenville ini emang bagus sih untuk jadi tanaman hias di rumah dan jadi ingat juga di rumah saudara dulu ada banyak tanaman ini tapi sayang ditebang soale ga keurus.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts